Alan Turing - Pencetus Komputer Pertama dan Pahlawan Perang Inggris


Coba bayangkan sebuah mesin, sebuah mesin yang dapat berfikir, mesin yang dapat menyelesaikan masalah perhitungan probabilitas, bayangkan sebuah mesin memiliki kecerdasan hampir menyerupai manusia. Ya mesin itu kita kenal sekarang dengan nama Komputer. Namun apakah anda pernah terbenak siapa pertama kali pembuat komputer? atau anda hanya menikmati hasil dari pemikirannya saja? siapakah dia?

Ya dia adalah Alan Turing 
Namun kalau kita berbicara tentang Alan Turing maka kita tidak hanya berbicara tentang Pemikiran Komputernya saja. Kita akan berbicara tentang rahasia intelejen terbesar inggris, seorang ilmuan inggris yang dapat menyelamatkan peradaban dan juga pencetus konsep Komputer - Artificial intelligence

Alan turing adalah seorang jenius matematika. pada awalnya dia bekerja di departemen komunikasi inggris sebagai kriptografer. Hidupnya berubah ketika ia melamar pekerjaan paling rahasia di inggirs ( mungkin di dunia saat itu ) yaitu pekerjaan memecah kode mesin Enigma Jerman.

Apa itu mesin Enigma? 


Mesin Enigma adalah mesin penerjemah kode sandi milik jerman yang diakui seluruh dunia saat itu, ( bahkan jerman sendiri mengakuinya ) sebagai mesin yang tidak dapat dipecahkan sandinya. apakah anda malah bingung? intinya "memecahkan sandi sebuah mesin penerjemah sandi yang tidak dapat dipecahkan sandinya"

jadi pada saat perang dunia ke II peran sandi sangat penting karena pada saat itu semua komunikasi jarak jauh dikirim melalui gelombang radio, gelombang radio dapat di terima oleh radio ( bahkan anak sd yang memiliki radiopun dapat mendengar perintah komando jendral ) maka dari itu dibuat lah sandi yang membuat perintah menjadi tidak dapat diketahui. Dan pada saat itu, ada sebuah sandi yang tidak dapat di terjemahkan oleh seluruh negara, yaitu sandi jerman dan hanya dapat dipecahkan oleh mesin Enigma milik jerman.




Mengapa kode jerman mustahil dipecahkan?
ada sekitar 1/159 kemungkinan memecahkan kode jerman, ya tentusaja dengan delapan belas 0 dibelakangnya. Dan lebih mustahilnya lagi, pusat komando jerman mengganti semua setingan kodenya untuk 24 jam jadi bisa dikatakan ada 1/159000000000000000000 kemungkinan setiap 24 jam. jadi bila mereka tidak dapat menyelesaikan sandinya dalam satu hari, maka mereka harus mengerjakan lagi dari awal semuanya dan pekerjaan hari itu menjadi sia - sia.

Mengapa memecahkan setingan sandi enigma sangatlah penting?
semua pesan jerman, semua pengeboman, serangan mendadak, serangan U-Boat, semuanya dikirim melalui radio yang hanya bisa diterjemahkan dengan enigma, tetapi memiliki enigma saja tidaklah cukup. kita juga harus mengerti pengaturannya yang berganti setiap hari. Dan dengan mengetahui kode enigma maka akan mempercepat perang yang berarti menyelamatkan juaan nyawa.

Memecahkan Enigma
Sekilas seperti itulah enigma, jadi apakah enigma bisa dipecahkan? 
Jawabannya iya, tetapi caranya berbeda. tidak lah dengan cara manual yang menghabiskan banyak waktu, tetapi menggunakan Mesin

Jadi turing mulai mendesign sebuah mesin yang dapat membaca semua probabilitas setingan mesin enigma pada hari itu dan menyeting enigma ( yang diambil dari jerman ) sama dengan setingan pusat lalu menerjemahkan sandinya. kedengaran rumit bukan? 
biar mempermudah biar saya ibaratkan, sebuah Gelas adalah sandi, dan mesin turing adalah pembuat gelas. pemesan adalah pesan komando. dan cetakan gelas adalah settingan enigma.


"sebuah gelas yang ingin dipesan harus sama dengan kemauan pemesan yang berarti cetakan gelasnya sesuai hati pemesan. jadi orang itu mencari cetakan yang sama dengan yang dimau lalu membuatnya."

simpelnya seperti itu atau dapat dikatakan mesin Alan adalah mesin yang dapat mengetahui menyeluruh tentang enigma, atau bisa dibilang mesin yang dapat Berfikir.

Akhir dari Enigma
pada akhirnya enigmapun dapat dipecahkan oleh mesin turing dan inggris pun mengetahui semua perintah yang dikirimkan oleh pusat komando jerman.

kalian tau pertempuran stalingrad yang merupakan cikal bakal mundurnya jerman, invansi normandy yaitu serangan besar - besaran sekutu. Semuanya tidak akan terjadi tanpa informasi intel dari turing dan timnya, dan menjadikan alan sebagai pahlawan besar dalam perang dunia, tetapi tidak ada yang mengetahuinya selama 50 tahun karena dirahasiakan oleh inggris.









Setelah Perang Dunia
selesai dari perang dunia. alan kembali mempercanggih mesinnya dan ia pun membuat sebuah mesin yang bernama mesin turing, yang kita ketahui sekarang sebagai cikal bakal dari komputer. Tidak hanya itu ia juga memper proklamirkan gagasan tentang Artificial intelligences
dimana ia berbicara bahwa " bila sebuah komputer dapat mengelabuhi manusia dan menyatakan bahwa komputer itu adalah manusia, maka kepintaran komputer itu sudah hampir setara dengan manusia" 

jadi teknisnya orang disuruh bertanya ( berbincang - bincang ) dengan layar yang ada suaranya ( yang bisa itu adalah manusia atau mesin ) dan harus menentukan apakah itu manusia atau komputer, bila ia menyatakan itu adalah manusia dan ternyata dia sedang berbicara dengan komputer maka komputer tersebut dianggap lulus tes dan dianggap telah memiliki kecerdasan hampir setara dengan manusia.
dan tes tersebut dinamakan Tes Turing

Akhir Hidup Alan Turing



Alan sebenarnya adalah Homo seksual, dan dia tertangkap mengaku sebagai homo seksual. di inggris homo seksual adalah tindakan menentang hukum dan sangat mengejikan untuk masyarakat. Maka dari itu alan disuruh memilih antara dipenjara atau terapi hormon.
Alan pun memilih terapi hormon dan diberikan suntik estrogen setiap tahun, tetapi hal itu tidak hanya membuat libidonya berkurang, tetapi juga membuat dia depresi dan pada akhirnya pada tahun 1954 dia diketahui bunuh diri.

Kalau anda ingin lebih mengetahui cerita sesungguhnya bisa baca di google atau tonton film "The Imitation Game" Alan diperankan oleh benedict cumberbatch yang juga memerankan steven hawking di Theory of everything dan juga sherlock di sherlock holmes series.


Alan turing saya tau anda tidak dapat melihat tulisan ini tetapi saya mengucapkan banyak terimakasih atas kebebasan dunia ini dari Nazi dan Komputer yang telah kau cetuskan, saya merasa sedih pada akhirnya anda harus berakhir demikian.


"Some time its the people no one imagines anything of who do the things that no one cant imagine"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti & Kisah dibalik Lagu "Cornerstone" Arctic Monkeys

Dasar - dasar Adobe Flash ( Design, Animasi, dll )

Frank Sinatra - My Way: Behind The Song